7 Metode Menuntaskan Hidung Tersumbat

Wiki Article




Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala yang dapat ditemui pada penderita Covid-19 varian Omicron. Berikut metode mengatasi hidung tersumbat.
Hidung tersumbat bisa sangat mengganggu karena membuat penderitanya susah bernapas melalui hidung.

Saat hidung tersumbat tak dapat menghirup oksigen, mau tidak mau akan mengandalkan mulut untuk bernapas. Walaupun seandainya terlalu lama bernapas melalui mulut tak baik untuk kesehatan.

Selain menyebabkan mulut menjadi kering, mulut memang tak didesain untuk bernapas. Mulut tidak mempunyai proteksi menyaring udara-udara kotor, debu penuh kuman, dan bakteri, layaknya hidung.

Supaya dapat kembali bernapas dengan normal, kenal sistem menyelesaikan hidung tersumbat sebagai berikut.

1. Mandi air hangat
Mandi di bawah kucuran air panas dapat menolong meredakan dilema hidung tersumbat. Namun suhu airnya jangan terlalu tinggi, ya.

Usahakan tutup pintu kamar mandi sehingga uap air dapat terkumpul. Ketika uap air telah cukup banyak, tarik napas dalam-dalam untuk melegakan sinus.

Uap yang diwujudkan dari air panas itu bisa mengurangi produksi lendir sehingga hidung bisa kembali bernafas dengan normal.

Sedangkan uap panas itu tidak bertahan lama, melainkan sistem ini bisa diciptakan solusi opsi pelega sementara.

2. Amati temperatur ruangan
Berada di ruangan dengan temperatur udara yang hangat dan lembap juga menjadi salah satu sistem yang cukup tepat sasaran untuk menyelesaikan hidung tersumbat. Pasalnya, ini dapat meredakan peradangan dan meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung.

Metode paling mudah yang dapat dilaksanakan yaitu menghindari ruangan dengan temperatur yang sangat dingin atau menyalakan air humidifier. Humidifier meningkatkan ion oksigen dan kadar air di udara.

Padahal tidak memberikan manfaat yang konsisten dalam mengobati hidung tersumbat, tetapi alat ini membuat bernapas menjadi lebih mudah. Tak heran kalau alat pelembap udara ini digunakan untuk penderita asma atau infeksi pernapasan.

Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan dan saluran hidung. Jikalau udara di ruangan terlalu kering, humidifier dapat membantu. Anda semestinya membersihkannya secara teratur untuk menghindari munculnya alergi lainnya akibat pertumbuhan kuman dan jamur.

3. Oleskan minyak kayu putih
Minyak kayu putih, salep, atau balsem bisa menjadi senjata ampuh untuk menjadi sistem memecahkan hidung tersumbat. Oleskan minyak kayu putih ke permukaan lubang hidung agar dapat terus menghirup aromanya.

Kalau diperlukan, oleskan pula cara mengatasi hidung tersumbat di komponen dada supaya tubuh menjadi hangat dan lebih nyaman.

Minyak kayu putih atau eucalyptus oil yang terbuat dari daun kayu putih itu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat. Minyak kayu putih dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sinus dan meredakan peradangan pembuluh darah secara berjenjang.

4. Perbanyak minum
Saat sedang pilek berat, lendir akan mengental dan menyumbat hidung. Untuk menyelesaikannya, perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.

Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir pada saluran pernafasan, mengurangi tekanan pada sinus.

Dikala tekanan berkurang, peradangan dan nyeri akibat hidung tersumbat akan berkurang.

Jikalau tidak awam minum air hangat, cobalah konsumsi campuran teh jahe dan mint, air cuka apel, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung antiseptik dan dekongestan natural untuk melegakan napas.

Kecuali itu, teh mempunyai kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk membersihkan saluran hidung.

5. Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam bisa melembapkan tenggorokan yang sakit dan gatal ketika hidung tersumbat serta memberikan kelegaan pada saluran pernapasan sementara.

Coba larutkan separuh sendok teh garam ke dalam dalam 200 ml air hangat, berkumurlah dan lakukan ini empat kali sehari.

6. Hirup uap hangat
Kecuali mandi air hangat, Anda juga bisa meletakkan wajah di atas baskom yang berisi air hangat dan mulailah menghirup uapnya.

7. Berbaring dengan bantal yang agak tinggi
Hidung tersumbat seringkali terjadi dikala tidur di malam hari. Maka, sebaiknya ketika tidur pakai bantal yang sedikit lebih tinggi, agar lendir di dalam hidung bisa konsisten mengalir ke dalam tenggorokan Anda.

Setelah mengenal cara menyelesaikan hidung tersumbat, cek dan konsultasikan ke dokter sekiranya disertai gejala lain dan tidak kunjung mereda.

Report this wiki page